Tuesday, April 15, 2014

#1 Travel Time : Pulau Lemukutan: I Heart Snorkeling! Yeay!

Setiap orang yang saya kenal dan yang sudah pernah kunjungan ke pulau ini pasti selalu bilang, Recommended! Bikin saya jadi gregetan pengen kesini, tapi sayangnya belum ada partner yang bisa diajakin berpetualang kesana, dan belum berani berpetualang sendirian. But, long weekend akhir maret 2014 kemaren, saya jelas langsung hayuk waktu salah satu temen saya ngajak liburan ke pulau lemukutan. walaupun pemberitahuannya dadakan dan walaupun temen saya itu ngajak keluarga dan temen-temen keluarganya yang saya gak begitu kenal. bodo amat laah. yang penting nyampe dulu, masalah nanti bisa berbaur atau enggak dipikirin belakangan. yang penting bisa cerita dulu ke orang-orang kalo saya sudah menjejakkan kaki di pulau ini.

So i'm gonna share my Lemukutan Island trip with all of you. I hope it will help a lot of people in planning their trip, terutama yang belum pernah kesana. Walaupun sebenarnya informasi dari saya ini ala kadarnya, tapi mudah-mudahan bisa menjadi salah satu guidance untuk kalian yang ingin berkunjung ke Pulau Lemukutan.

-Welcome to Lemukutan Island-

Dimana itu Pulau Lemukutan?
Pulau ini letaknya masih di dalam provinsi Kalimantan Barat, kalau mau kesini pertama-tama kita lakukan perjalanan darat dari Kota Pontianak menuju Teluk Suak, sekitar 115km dari Kota Pontianak. Di Teluk Suak ini ada dermaga tempat kapal-kapal motor berlabuh yang mana akan mengantarkan kita menyebrang air menuju Pulau Lemukutan. Nah kendaraan pribadi yang kalian bawa bisa di titipkan di dermaga ini dengan biaya penitipan kendaraan sekitar 20-25rb per malam. Soalnya kapal motornya itu gak bisa di pake untuk bawa kendaraan. Bisa sih kalo mau maksa bawa satu atau dua kendaraan motor, soalnya banyak juga saya liat penduduk lokal yang bawa kendaraannya di motor karna kapal motor itu satu-satunya akses mereka untuk keluar masuk pulau. Tapi itu juga ga bisa banyak, kapal motornya itu bisa muat untuk sekitar 30an orang. Untuk naik kapal motor ini kita cukup bayar 20rb per orang.
Sedikit warning, misalkan pas kalian mau nyebrang mendadak hujan dan gelombang laut tidak bersahabat mending batalin niat deh buat nyebrang. Kapal motor ini emang lumayan aman untuk dinaiki, tapi ini bukan cruise ship loh. kalo musti silahturahmi sama ombak laut yang mengganas, udah pasti perjalanan nyebrang kalian gak akan mulus. Soalnya waktu yang dibutuhkan untuk nyebrang itu sekitar 1 1/2 - 2 Jam. Trus pas naik juga ga dikasi life jacket, hmm..kalo kapalnya oleng? hiii...bayangin aja ogah. Makanya ada baiknya cari tahu kapan waktunya laut lagi tenang dan bisa aman tentram untuk nyebrang.
Lucky me, pas saya kesana lautnya bener-bener tenang. Cuma ada sedikit gelombang unyu-unyu yang malah bisa di jadiin objek buat foto-foto. hehe..

-Unyu kan yaa?-

Buat saya yang tinggal di daerah yang gak ada laut biru dan gelombang air, -ada sih sungai tapi gak biru airnyaaa- Saya girang betul naik kapal motor ini. Walaupun gak kebagian tempat duduk yang teduh di dalam kapal, saya girang aja foto sana foto sini. Ngelamun romantis liat langit dan air yang biru. Tapi siap-siap deh pake sunblock, topi dan kacamata hitam. Seindah-indahnya pemandangan yang dilihat, ini masih matahari khatulistiwa, Panas Menyengat Broh!

-Kayak begini nih kapal motor yang dinaikin-

Setelah sekian lama nungguin kapal tiba di tujuan, dan mata juga uda ngantuk berat gak mau diajak kerjasama lagi. tiba-tiba secercah harapan muncul di depan mata. ceilee..
Pas kapal motor mulai merapat ke dermaga Pulau Lemukutan, saya langsung nahan napas kagum liat air biru dengan gugusan karang dan ikan-ikan kecil yang mondar mandir di bawah sana. Pikiran pertama saya yang terlintas adalah ternyata di kalbar ada juga ya daerah kayak begini? yang notabene gak gitu jauh dari Pontianak. Saya uda mau buru-buru aja rasanya lompat ke air. Tapi temen saya bilang, sabaar, kita taro barang dulu, lagian kita nyampenya pas di tengah hari. Daripada liburan ini berakhir dengan kulit terbakar, mendingan sabar dulu deh nunggu matahari agak sedikit bersahabat.

-Dermaga Pulau Lemukutan-

-Welcome Gates-
-Peta Pulau Lemukutan-

Jalan kaki ke tempat penginapan -orang setempat nyebutnya villa- lumayan juga, lumayan bakar kalori dengan panas matahari yang unyu betul siang itu. Saya udah mengira villa yang dimaksud kayak gimana, yang pasti bukan villa sekelas villa-villa di puncak ya. Jadi pas akhirnya liat wujud sebenarnya yang cuma dibangun dari kayu-kayu gitu saya gak kaget. Cukup layak lah untuk tempat peristirahatan dan tempat penyimpanan barang. Awalnya agak creepy sih, tapi akhirnya gak terlalu saya pikirkan karena lokasinya di tepi laut dan terbayarkan dengan pemandangan yang menyegarkan. Toiletnya juga lumayan bersih, tapi toilet umum ya dan cuma ada tiga. Ada sih toilet emergency yang dibangun dari terpal-terpal di bawah pohon. tapi kalau yang itu malahan mengkhawatirkan sih, hahaa.. mending ngantri aja biar lebih aman. Villa ini dihargai 250rb per malam. Satu villa itu sebenarnya bisa di pake ramai-ramai. Jadi kalau kalian rombongan kurang dari sepuluh orang, saran saya sewa satu kamar aja. yang cewek-cewek bisa pake kamar, sedangkan cowok-cowok bisa tiduran di teras depan. namanya juga trip to island. Jangan harap ada fasilitas sekelas resort hotel dong yaa.

Oh, notes: karena minimnya pasokan listrik di pulau ini, listrik cuma tersedia dari sore sekitar jam 5 sampe pagi sekitar jam 7. Jadi yang mau nge-charge baterai handphone dan kamera nya, kesempatan cuma ada di jam segitu.

-gimana gak creepy coba awalnya liat papan petunjuk villa kayak begini :( -

Kira-kira kondisi  villa nya kayak yang di blog ini. Ga kepikiran sih kemaren buat foto-foto kondisi villa.

Pas jam menunjukkan pukul setengah tiga sore, dan panas matahari juga udah gak begitu terik lagi. Kita siap-siap ber-snorkeling ria. Tempat snorkeling yang bagus itu dibelakang pulau, Karena airnya lebih tenang dan lebih dangkal. Jadi relatif aman buat para snorkel-ers apalagi yang ukurannya pemula kayak Saya. Jadi kita musti jalan lagi ke belakang pulau, lumayan juga ya banyak jalan kaki disini. Soalnya kan kita ga bisa bawa kendaraan, jadi mau gak mau musti jalan kaki kesana sini. sebenarnya sih pulaunya gak gede, tapi ya buat kita -saya- yang jarang jalan kaki, lumayan berasa juga sih capeknya. Saya kepikiran next time kalo liburan ke pulau gini saya bakal bekal sepeda. Track di pulau ini seru dipake buat sepedaan.
Kalo gak punya alat snorkeling, kita bisa sewa dengan harga 50rb aja untuk seharian. Sudah dilengkapi dengan life jacket. Heran deh, giliran snorkeling di perairan dangkal begini malah dikasi life jacket, lah waktu naik kapal motor tadi ngelewatin perairan yang dalam malah gak dikasi. curiga ini life jacket cuma buat gaya-gayaan aja kali ya. hahaa..
Pas nyebur, karena ini pengalaman pertama saya ber-snorkeling ria, saya agak ragu-ragu. Tenggelam gak ya? tapi dipikir-pikir kan airnya dangkal, jadi nekat aja. Diajarin temen saya cara pakai alat snorkeling yang bener, terus byuuur... lupa sudah sama daratan. Karena pemandangan bawah airnya kereeen banget. Kalo kata orang-orang yang sudah berpengalaman ber-snorkeling ria sih, pemandangan bawah air di pulau lemukutan ini biasa aja. tapi kalo kata saya, keyeeeeenn...dan lagi, ini masih di wilayah kalbar, ga jauh dari kota tinggal saya. jadi pengalaman ini sangat berkesan buat saya. and you know what? i think i fall in love with this-snorkeling-thing. sekarang saya tau kenapa ada orang yang terobsesi keliling dunia demi olahraga ini. soalnya pemandangan bawah laut itu emang gak ada dua nya, dan gak bisa kalian temukan di tempat lain. I Heart Snorkeling! Yeaay!

-Tuh dari atas aja kalian bisa liat dengan mata telanjang pemandangan bawah air-

-Snorkeling time :) -

Saya balik ke villa mendekati waktu magrib, sampe lupa kalo seharian ini kita belum makan. Saking kegirangan nemu yang nama nya snorkeling. Di dekat villa ada kantin sederhana yang dikelola warga setempat. mereka nyediain menu ikan tentu nya. tapi sayangnya saya kemalaman setelah bilas dan beres-beres, saya cuma kebagian indomie. Yah lumayan la ya buat ganjel perut. Mendingan sih kalo sempet, bekal aja ikan atau ayam mentah untuk jadi perbekalan. Nah terus pas malem-malem gitu, bikin api unggun dan bakar sendiri deh perbekalannya. ga sulit kok bikin api unggun disini, karena banyak sabut kelapa dan batang pohon yang bertebaran untuk bikin api. Saya sendiri nyesel karna ga kepikiran untuk bekal makanan. Walaupun harga makanan disini juga gak mahal sih, masih di bawah 20rb-an per porsi nya. Apalagi indomie, paling cuma 5rb-an.

Malam itu karena udara panas, saya dan dua orang temen saya memutuskan tidur di tepi laut, di dekat batu-batu. ada kursi kayu panjang disitu. ya udah deh kita ambil posisi sambil ngeliatin langit malam yang cerah di penuhi bintang. bener-bener romantisss, sekaligus bikin miriiss buat saya yang jomblo. hahaa..  ditemani api unggun yang menghangatkan, malam itu saya tertidur dengan pulas.

Besoknya kita pulang, menyebrang kembali ke hidup masing-masing. Iya perjalanan saya cuma semalam aja sih, karena perjalanan ini juga sifatnya spontan, jadi dibuat sesingkat mungkin. agak gak rela juga sih, soalnya masih kepengen snorkeling lagi. hehe.. giliran udah tau enaknya snorkeling malah jadi ketagihan. Jadi kepengen explore daerah snorkeling lainnya. didekat pulau lemukutan ini masih ada pulau kabung dan pulau randayan. Jadi saya HARUS datangi pulau-pulau ini, ngabsen tempat snorkelingnya untuk di ceritain kembali ke kalian.
oh, notes lagi: Jadwal kapal motor untuk nyebrang cuma tersedia sehari sekali, itu sekitar pukul 9-10 pagi. So, jangan sampai ketinggalan yaa.

Jadi kesimpulannya adalah I enjoy my trip to Lemukutan Island! it's very fun and relaxing. I recommend this island for all of you. Try it! Happy Holiday.

Special thanks to : Indri dan Yusman, sepasang sejoli yang walaupun dadakan, tapi ngajak saya liburan. i love you both :)

Unknown said...

Hello
salam kenal
boleh minta info cp villa tanjung jati
tks ya..
info donk ke 7DC7A155

Unknown said...

Di atas rata" ya harga sewa alat snorkelingnya, ga ada dokumentasi bawah airnya ya mau liat view di dalemnya kaya apa dan mau liat apa aja yy bisa di liat