Saturday, August 22, 2015

#3 Travel Time : Wisata Kuliner ala Pontianak

Saya asli orang Pontianak. Lahir dan besar di Pontianak. Sekolah dari TK sampe kuliah di Pontianak. Sekarang dapat kerjaan juga di Pontianak. Sempat sih beberapa tahun lalu melenceng kerja di kota orang, tapi toh ujung-ujungnya balik lagi ke Pontianak. Mungkin kalo kata orang Pontianak "Sungai kapuas punye cerite, bile kite minum aeknye, biarpon pegi jaoh kemane, sunggoh susah nak melupakannye" -sungai kapuas, Paul Putra Frederick-

- kalo gak tau Pontianak dimana, coba buka peta. tuh lokasi nya di buntut kalimantan :) -

Kebanyakan bagi orang-orang Indonesia yang belom pernah menjejakkan kakinya di kota ini, akan membayangkan Pontianak - lokasi di kalimantan - penuh hutan-hutan. Mungkin karna kalimantan penuh dengan hutan, walaupun sebenarnya, dari kecil sampe segede gini, saya blm pernah nemuin hutan lebat di tengah kota. tapi okelah, namanya imajinasi orang kalo belum berkunjung emang macam-macam.


Nah, jadi skrg yang mau di ceritain itu begini. kalo misalkan orang-orang dari luar kota berkunjung kesini, pastinya minta di ajak mengeksplor Pontianak. Saya suka bingung. Perkaranya Pontianak emang gak begitu banyak punya daya tarik wisata. yang di banggakan ya tugu khatulistiwa nya. karena konon katanya Kota ini berada di titik nol garis khatulistiwa. untuk menandai momen tersebut, di bangunlah tugu khatulistiwa yang menjadi simbol kebanggaan kota Pontianak. tapi masalahnya, kalo pengen ngeliat tugu khatulistiwa, kita cuma dapat sajian tugu khatulistiwa, literally! ga usah ngebayangin kayak monas, yang punya museum di dalamnya atau taman-taman cantik. No. tugu khatulistiwa just tugu khatulistiwa. Biasanya pendatang yang diajak berkunjung begini pasti pulangnya bakal ngeluh dan bilang "cuma begini aja nih tugunya?". Yes, yang diajak berkunjung gak puas, yang ngajak berkunjung juga gak puas. tapi lumayan lah kalo utk foto bukti pernah berkunjung ke pontianak. :)

eh tapi denger-denger pemda lagi punya rencana pengembangan wisata di tugu khatulistiwa. katanya sih mau dibikin kayak semacam alun-alun gitulah. mudah-mudahan aja terwujud ya, supaya tugu ini lebih menarik dan bakal lebih sering dikunjungi orang-orang.

-Tugu Khatulistiwa yang super unyu ;) -

Jadi, kalo ada yang minta diajak mengeksplor Pontianak, Option yang saya tawarkan adalah Wisata Kuliner. Yakin deh, kalo soal makanan, disini gak akan bikin kecewa. Banyak makanan enak, gak gitu mahal dan banyak ragam pilihan. tapi mungkin soal rasa itu tergantung selera ya. tapi kebanyakan org yang saya ajak jalan-jalan berwisata kuliner di pontianak biasanya pada doyan, cocok sama lidahnya. pengen ngulang lagi, malah biasanya ngestock banyak utk dibawa pulang ke kotanya masing-masing.

Hokee, dari sekian banyak makanan yang ada di pontianak, saya udah padatin jadi 1 list dengan 8 pilihan. monggo loh di coba kalo maen ke pontianak. siapa tau doyan, Here it is my top ten favourite food in pontianak :

1. Bakso. kalo bakso sih udah biasa ya? apa coba spesialnya? di kota manapun di Indonesia kita bisa nemuin mamang-mamang jualan bakso. Tapi entah kenapa kalo diluar sana, saya kok susah ya nemuin bakso dengan rasa yang sama seperti di Pontianak?

Bagi saya, bakso di Pontianak di bedain jadi dua jenis, bakso cina dan bakso jawa. iya, dari namanya uda kliatan kan, gak bermaksud rasisme loh. ini yang jualan bakso emang kebanyakan orang cina dan orang jawa. orang-orang suku lain juga banyak yang jualan bakso, tapi yang saya masukin ke dalam list ini kebetulan orang cina dan orang jawa. oke, fokus ke bakso nya, jangan ke suku-nya. 

Kalo bakso cina, khasnya itu di bakso gepengnya, trus minyak bawang putihnya yang banyak plus taburan merica nya. Favourite saya, Bakso 21. lokasi di jalan putri candramidi (podomoro). biasanya saya pesan bakso spesial (pake bakso urat + bakso gepeng). ada juga bakso PSP, mirip juga kayak begitu. yang ini lokasi cabangnya banyak, ada yang di ruko lapangan bola psp, di jalan merdeka, di jalan sultan abdurrahman, dan entah dimana lagi saya juga ga hafal yang jelas cabang nya banyak. ;) kebanyakan boss-boss kantor yang datang berkunjung ke Pontianak lebih doyan ke bakso PSP. kalo saya lebih doyan ke bakso 21, lebih autentik aja sih rasanya. 

Nah kalo bakso jawa? bakso jawa gak begitu kental rasa minyak bawang putihnya, dan menurut saya kuahnya lebih manis. tapi teteuup, kalo dikasi cabe banyak-banyak yaa pedes juga. salah satu favourite saya bakso pak sabar, lokasi di jalan k.h.wahid hasyim (depan pegadaian). ini juga endes banget dan selalu rame setiap sore. kalo bakso jawa, biasanya jarang pake bakso gepeng.

-jadi mana yg lebih enak? coba dulu dua-duanya ;) -

2. Kwetiau/Mietiau. pasti uda banyak orang yang tau makanan kwetiau, tapi gak tau kenapa kok banyak orang Pontianak yang menyebutnya mietiau. Apa perbedaan penyebutan ini? wuah saya juga bingung. tapi secara perwujudan bentuknya sama kok. yang terkenal mie tiau antasari, lokasi di jalan antasari. lalu ada juga Mie tiau Apollo dan Mie tiau Polo, lokasi dua-duanya di jalan Pattimura. dua tempat ini lokasi jualannya lucu banget deh, posisinya sebelahan. nah, di depan mie tiau polo ada papan bertulisan "mie tiau polo, pindahan dari sebelah" tapi di depan mie tiau apollo juga ada papan bertuliskan "Mie tiau apollo, sejak 1968 tidak pernah pindah" :D lucu yaa.. konon katanya si koki di mie tiau apollo bersengketa sama owner, trus akhirnya mereka pisah, dan si koki bikin tempat makan baru bernama mie tiau Polo. nah, itulah yang bikin mereka masing-masing memasang papan bertulisan demikian. :D

- papan sengketa :D -

kwetiau atau mietiau ini sebenarnya mie goreng, tapi mie yang digunakan itu mie putih dengan bentuk agak lebar terbuat dari beras. Kata sodara saya, mie beras yang di pontianak itu rasanya enak, dan susah di cari di kota lain. mungkin itulah yang bikin mie tiau ini begitu di gemari ya, karna mie nya yang bikin beda.

-Kwetiau/Mietiau -

3. Chaikue. ini cemilan yang lagi happening di pontianak. ngetrendnya baru-baru ini sih. saya inget waktu kecil makanan ini gak begitu gampang dicari, hanya di tempat-tempat tertentu. itupun biasanya uda dalam bungkusan, bukan disajikan hangat langsung dari pancinya, tapi kalo skrg uda banyak tempat makan yang khusus menjual chaikue kukus/goreng.jadi chaikue yang kita santap masih dalam keadaan panas, menambah kenikmatan.

Chaikue itu panganan yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. isinya macem-macem. ada bengkuang, keladi, rebung, kacang kedelai dan daun kucai. ada yang dikukus, ada juga yang di goreng. di makan sambil di cocol pake sambel pedasnya, umm..mantep deh. gak mungkin cukup makan satu, biasanya kalo utk makan berdua atau bertiga, saya dan temen-temen bisa ngabisin sampe 50 pcs, ehem..ingat perut, elus perut. *kalem*

-chaikue kukus. looks brutal huh? but trust me, 2-3 person can eat all of this-

yang terkenal chaikue merdeka di jalan setia budi, atau chaikue siam di jalan siam. kalo mau yang tempat nongkrongnya agak enakan dikit, ada juga tuh chaikue d'gleam di jalan sidas atau di jalan agus salim. atau chaikue d'bamboo di jalan veteran. gak usah malu-malu kalo pesan, jangan cuma sebiji dua biji, langsung aja pesan 50 atau 100 skalian biar puas.. :)

4. Nasi goreng iin (Siti Fatimah). Jadi di Pontianak itu ada jenis nasi goreng yang beda dari nasi goreng biasa. Nasi nya tanak, berbulir-bulir lepas ga nyatu gitu (oke, saya ga nemu arti kata berbulir-bulir di kbbi, cuma ga tau lagi gimana mendeskripsikannya). Bumbu nya gak begitu kental. warna nya juga gak semerah nasi goreng kebanyakan. ditaburi suwiran ayam gede-gede plus potongan mentimun. terkenal dengan nama nasi goreng siti fatimah, ya kayaknya yg jualan pertama kali namanya siti fatimah. nah, rumah makan yang gak pernah sepi pengunjung dalam berjualan nasi goreng fatimah ini ada di jalan johar, namanya rumah makan iin. Katanya, owner yang punya rumah makan iin ini dulunya pernah kerja di rumah makan nasi goreng siti fatimah. tapi akhirnya memberanikan diri untuk buka rumah makan sendiri. tapi entah kenapa, rumah makan iin ini justru lebih rame dari rumah makan siti fatimah.

kalo soal nasi goreng ini, ada dua kubu komentar, ada yang suka, ada juga yang gak suka. mungkin karna gak semua orang gak begitu suka nasi yang terlalu tanak. saya sendiri  mood-mood-an kalo makan disini. gak selalu kepengen. tapi bener, nasi goreng ini unik, dan jarang-jarang bisa di temui di kota lain. jadi gak ada salahnya di cobain. siapa tau ujung-ujungnya malah doyan.

-Nasi goreng iin. nasinya super, porsi juga super.-

5. Es krim Angi. dari list yang saya buat, 1 sampe 10, sebenarnya gak ada priority. tapi yang satu ini bakal saya taro di urutan pertama. ini WAJIB DICOBA. oke, saya lebay. maklum, penggemar eskrim kelas berat.

Eskrim Angi ini eskrim tradisional, rasanya enak banget dengan banyak macam pilihan rasa. Walls? campina? ah, gak ada yang bisa nyaingin endesnya eskrim yang satu ini. Favorite saya rasa alpukat! tapi sayangnya buah yang satu ini musiman, jadi gak selalu tersedia. tapi rasa-rasa yang lain juga gak kalah endesnya. nongkrong disini pas siang-siang? haduuh, endeees betul. you must try this! you have to try this!! *oke, kalem mbak*

-ini dewaaaa deh rasanya-

Lokasi nya di jalan ks tubun (pas depan sekolah st. petrus). Size eskrim yang bisa di order macem-macem. kalo mau nyobain dikit, itu wadahnya pake gelas kecil steroform, kalo mau agak banyakan bisa order pake gelas bir gede. kalo yang doyan dan mampu ngabisin oversize, pesan aja yang pake wadah buah kelapa. eh, kalo yang mau bawa pulang ke kotanya utk dijadiin oleh-oleh juga bisa loh. mereka nyiapin packaging yang menjaga agar eskrim ga gampang cair. dijamin, kalian bakal mabok sensasi eksrim disini. :)


6. Bakwan lawit. kalo sore-sore cuaca mendung enaknya ditemani segelas teh hangat plus..gorengan! yup, ada gorengan legendaris yang tadinya jualan pas di depan gang lawit. makanya disebut bakwan lawit. yang paling populer ya bakwannya itu. Yang paling mantep sambelnya, kental dan pas aja sih di padu sama bakwannya.

Satu buah nya kalo ga salah di jual Rp. 1.000. musti sabar ngantri kalo mau beli, soalnya antriannya panjaaang bo'! apalagi kalo sore-sore mendung hujan. Lokasi jualannya sekarang ada di tepi sui jawi (Jl. H. Rais A. Rachman) depan swalayan mitra mart.


7. Bubur pedas. Jujur sih saya gak begitu nge-fans sama makanan yang satu ini. tapi ini makanan sehat loh. soalnya segala macam sayuran di campur jadi satu. ada yang bilang namanya bubur pedas, tapi ada juga yang menyebut ini bubur padas. yang jelas tidak seperti namanya, bubur ini tidak dibuat dengan rasa pedas kok (kecuali kalo situ nyampuran cabe sebotol, ya pedes jadinyaa).

- Bubur pedas? Bubur padas? -

Banyak juga yang suka sama makanan yang satu ini. Saya punya temen orang medan yang ngefans banget sama makanan yang satu ini. kalo uda ke pontianak, dia gak akan lupa untuk mampir dan icip bubur pedas. Salah satu yang terkenal dengan jualan Bubur pedasnya itu Bubur pedas Pa'Ngah lokasi nya di Jl. Kom yos sudarso ataupun di Jl. P. Natakusuma. Kalo yang demen nyobain makanan beda, dan jarang nemu di tempat lain. ya cobain aja bubur pedas ini. siapa tau doyan dan malah ketagihan..

8. Durian. Kalo musim durian sudah tiba, uuuuh...se-kota penuh sama orang jualan durian di sepanjang jalan. Harga yang di tawarkan mulai dari Rp. 5000 sampe Rp. 50.000. Biasanya sih saya beli yang harga Rp. 25.000an. Cukup gede dan puas buat dimakan (tapi gak cukup se-biji sih, hihihii).

- Dibeli pak, dibeli bu duriannyaa.. -

Durian-durian disini terkenal murah, dan kebanyakan isinya kucing tidur. disebut kucing tidur untuk durian yang isinya kuning, gede, manis dan bijinya kecil. kalo dapet yang buahnya kayak gitu, uh, berasa dapat jackpot! hahaa.. kebanyakan durian ini di datangkan dari daerah batang tarang atau karangan. kata temen saya yang pernah beli langsung di lokasi nya sih, disana bahkan lebih murah lagi. kita bisa beli sekarung durian seharga seratus ribu aja. bayangin, sekarung! sampe mabok deh ngabisinnya.

- Si kucing yang lagi tidur :) -

Selain buah durian, kalian juga bisa temukan makanan olahan dari durian. misalnya lempok durian (semacam dodol), atau tempoyak (semacam sambel udang dengan durian untuk temen makan nasi).

Kalo lagi musim durian, gampang banget nemuin orang yang jualan durian diseluruh kota. Lokasi yang ramai di kunjungi biasanya di kawasan Jl. Teuku Umar atau di kawasan Jl. Gajah mada.

So, that's my list for you..sebenarnya sih kalo mau diturut-turutin ya masih banyak kuliner laennya.
tapi mungkin next time aja kita bikin trip kuliner lainnya untuk ngebahas makanan lain yang belum sempat di bahas disini. oh, yang kalo pengen bawa oleh-oleh khas pontianak boleh diborong produk lidah buaya, lempok durian atau stick keladi gorengnyaa..

Happy Tummy, Happy Trip! 


0 comments: