Friday, September 16, 2016

Skin Care Routine : Go Away Jerawat! Part 2

I haven't write for a while and i'm not gonna make excuses for it. I'm just gonna write what i can and post when i can. 

So guys, di postingan saya yang sebelumnya saya sempat bahas soal jerawat. Yes, i'm using Vitacid to make my acne go away, but...it turns out vitacid ternyata gak begitu cocok di saya. Bukan berarti produk nya ga bagus ya. Ada satu syarat utama yang musti di inget kalo kalian memutuskan untuk menggunakan vitacid sebagai senjata ampuh pengusur jerawat. Syaratnya yaitu... SABAR.

And i don't have that quality on me. Saya adalah orang paling tidak sabaran yang pernah saya kenal (hahaha..)

Urusan jerawat ini emang butuh kesabaran dan ketelatenan. mungkin awal problem jerawat saya bermula dari ketidaksabaran saya itu. Belum keliatan hasil pake produk yang satu ini, eeh udah gak sabaran dan langsung ganti lagi ke produk lain. Akhirnya jerawat di muka bukannya menghilang, tapi malah makin betah dan meng-ganas. Yes, i learn the hard way. Sekarang saya mulai rutin melakukan skin care step by step setiap harinya. Semua itu butuh waktu kan?. Ok done, i get it.


Viitacid sudah lengser dari koleksi skin care saya. Kenapa? well, ketika saya pake vitacid, muka saya breakout abis-abisan. Rasanya maluuuu banget kalo keluar rumah. Saya yang tadinya gak doyan bedakan, mendadak jadi makeup tebeeel biar bisa nutupin jerawat-jerawat itu. Banyak yg bilang musti sabar dan itu memang proses penyembuhan si vitacid. Jadi produk ini emang kayak ngeluarin jerawat-jerawatnya dulu baru kemudian jerawat-jerawat itu akan menghilang. Tapi oh men, satu hari muka saya breakout begitu aja saya rasanya ga berani keluar rumah. Apalagi kalo sampe berbulan-bulan? konon hasilnya baru akan keliatan setelah 3-6 bulan, No, i can't wait that much longer!

Setelah dari vitacid, saya sempet balik lagi ke krim dokter. Nah, breakoutnya agak mendingan tuh. Tapi ya itu...padahal udah janji sama gak mau balik lagi ke krim-krim dokter. Alasannya jelas karna krim dokter menghabiskan banyak budget dan bikin ketergantungan. Tapi gara-gara breakout parah setelah pake vitacid, saya jadinya gemes sendiri pengen hasil instant. That's why i'm using krim dokter lagi.

Luckily, pas mau lanjut pembelian krim. Stock krim nya itu kosong. Kata dokternya, yang ngeracik krim ini adalah adiknya yang apoteker. Dan adiknya itu baru balik dari luar negeri, si dokter suruh saya balik lagi utk beli krim dalam waktu 2-3 hari. Karna mager balik ke situ lagi, ya udah jadinya saya beli produk-produk drugstore aja. Yang simple, murah dan gampang dicari.

Simple, iya. murah, iya. Tapi segala sesuatu yg murah emang biasanya hasilnya agak lama. Well, berhubung saya udah pasrah sama muka yang bentol-bentol dan dark spot menyebar dimana-mana. Apapun produk drugstore yang direkomendasikan orang, saya coba. Jatuh bangun, pastinya iya. Macem-macem produk yang saya coba itu tentu gak semuanya cocok di saya. Ada yang bikin iritasi, ada yang bikin kering banget, ada yang bikin pedih, ada yang nambahin jerawat baru. hiks.. perjalanan menuju go away jerawat gak segampang teori yaa.

Jadiiii, sekarang saya mau share aja sih ke kalian skin care routine yang sekarang saya lakukan. Because now my skin is much better than before. Eits, ga percaya? nanti saya kasi foto before-after nya. Foto before-after yang saya kasi ini kurang lebih memakan waktu skitar 2 bulanan. Ini mematahkan teori bahwa produk yang mahal itu pasti bagus. Yang murah bisa juga kok memberikan great result. asal kalian konsisten aja ngelakuinnya. Dan yang paling penting kalian juga harus belajar mengenali jenis kulit kalian, Trus perhatiin juga reaksi setiap skin care di wajah kalian. Jangan terlalu percaya sama iklan-iklan, atau katanya orang. Your own face, your own problem. So you have to be smart about it.

Saya sendiri termasuk tipe jenis kulit normal to dry skin. And honestly, i just knew about it. Selama ini saya pikir kulit saya ini normal to oily. Yaa karna jerawatan, jadi saya pikir pasti oily. Eh, tapi kayaknya dulu emang sempet oily deh karna saya dulu suka bawa kertas minyak kemana-mana. Tapi entah kenapa, mungkin faktor cuaca atau karna gonta ganti skin care, kulit saya berubah menjadi normal to dry. Bisa dibayangin dong kalo kulit normal to dry di hajar sama produk anti acne? Yang pasti kulit muka jadi tambah kering, dan saya juga sempet ngalami kulit pecah-pecah, terkupas dan pedih. Poor me. Pengetahuan mengenai skin care ini memang sangat kurang dan perlu di update T.T

Nah, sekarang saya kasi liat yaa foto before after. Muka saya emang belom free jerawat dan belom muluuss kayak pantat bayi. Tapi kalian bisa liat di foto ini perubahan signifikan hanya dalam waktu dua bulan, Foto ini diambil di bagian pipi yang sama dan no filter. Yang beda paling lightingnya doang karna di ambil di ruangan yang terpisah. Ga usah merhatiin cerah atau enggaknya, karna bagi saya itu bonus. Sekarang yang diutamain jerawatnya dulu. Jerawat menghilang itu sudah jadi anugerah buat saya.

So here it is :

Foto 1 itu saat awal saya mulai konsisten sama skin care routine yang saya pake skrg. Foto 2 progress sekitar 2 minggu pemakaian. Foto 3 barusan saya jepret sebelum ngepost ini (progress 2 bulanan).

Gimandaang? sukaaa kan liat perubahannya? saya juga ga nyangka loh kalo semua ini saya dapatkan dari produk yang bisa di beli di pasaran. Bukan dari dokter ataupun klinik kecantikan. Yang pasti bikin budget kita jadi amaaan. Nah, skrg saya kasi tau ya urutan apa aja yang saya pake pada saat saya melakukan ritual skin care routine saya. Tapi warning, seperti kata mama saya, tiap orang itu punya skin type yang beda-beda, reaksi di kulit juga akan beda-beda. So, produk yang cocok di saya belum tentu cocok di kalian. Saya cuma kasi gambaran aja. Siapa tau ada yang kulitnya normal to dry skin dan jerawatan kayak saya. Kalian bisa coba skin care routine ini. Tapi saya gak jamin hasilnya bakal sama di kalian. Kalian harus cari tau lebih lanjut dan harus lebih peka sama kebutuhan kulit kalian.

Mari kita mulai step by step my skin care routine :

1. Pond's Clear Solutions Shake & Clean.


Kayaknya ini satu-satunya produk dari Pond's dan produk anti jerawat yang cocok di saya. Saya sudah sering coba-coba produk merk yang satu ini. Tapi entah kenapa ga pernah cocok karena suka bikin kulit kering dan gatel, anehnya yang satu ini enak aja tuh dipake. Dipakenya pas abis make up-an atau pulang kerja. Jadi step pertama saya dalam membersihkan wajah ya pake ini dulu. di tuang di kapas trus di usapkan keseluruh muka. Tapi biasanya gak saya pake kalo saya ga terlalu dandan berat, atau keluar rumah cuma sebentar. Jadi ini optional aja sih. Kalo saya ngerasa muka lumayan kotor baru deh saya pake. Harganya murah dan gampang dicari di supermarket. Price : Rp. 19.000,-

2. Hada Labo Ultimate Moisturizing Face Wash
Ini produk favorite saya! Hada labo ini menurut saya face wash yang paling lembuuuut dan menenangkan kulit banget. Mau cuci muka sepuluh kali pake ini gak akan bikin muka kering. Justru setelah cuci muka muka kita jadi berasa lembut banget dan super lembab. Sangat disarankan untuk yang kulitnya normal to dry kayak saya. Ini juga murah dan gampang dicari. Di supermarket atau di carrefour kayaknya ada ya. Price : Rp. 34.000,-

3. Viva Face Tonic Moisturizer
Toner yang satu ini produk paling murah diantara semuanya, tapi gak kalah canggih manfaatnya. Ini juga produk yang paling gampang kalian temukan dimanaaa pun. Dipake setelah cuci muka untuk make sure aja kalo muka kita bener-bener bersih. Soalnya kadang-kadang ada bagian-bagian yang terlewat dibersihkan ketika kita cuci muka. Cara pake nya di tuang dikapas trus di usapkan ke seluruh muka. atau biasanya saya tepuk-tepuk pelan. Setelah pake ini muka jadi tambah segeer dan super bersih. Price : Rp. 6.000,-

4. Hada Labo Ultimate Moisturizing Lotion
Kenapa saya suka sama produk Hada Labo?
1. Karna klaim di produknya yang bilang kalo produk ini terjual 1 pcs setiap 2 detik di jepang
2. Keluaran rohto -which is pabrikan farmasi terpercaya
3. Emang beneran light dan mois banget di wajah saya.
Lotion ini sangat saya rekomendasikan karna bikin wajah jadi lembab. Bentuknya cair. So, makenya dikit aja 2-3 tetes. Biasanya saya tuang di tengah2 telapak tangan (sambil tangan ngebentuk U gitu kayak nampung air ditelapak tangan -i hope you know what i mean) trus di totol-totol pake jari ke seluruh muka. Lalu di usap-usap lembut dengan kedua tangan agar merata. nanti dengan sendirinya dia akan nyerap ke dalam kulit dan gak akan bikin kulit kita berminyak. Price : Rp. 38.000,-

5. Acnes UV Tint
Ini optional aja sih, biasanya dipake pas mau keluar rumah / atau pergi kerja. Kenapa bisa nyasar ke produk Acnes? Jadi gini.. waktu awal-awal saya nyobain berbagai macam produk drugstore untuk ngilangin jerawat di muka, saya sempet beli semua series skin care Acnes. Pabrikannya sama dengan Hada Labo, yaitu si Rohto. Tapi sayangnya gak ada produk Acnes yang cocok di muka saya. Karna sudah jelas, ini anti acne bagi kulit berminyak,. Kulit saya malah makin kering dan jadi terkupas. So, semua produk Acnes sudah saya berantas kecuali UV Tint ini. Yang satu ini masih saya pertahankan karna saya suka pake ini tuh kayak pake bb cream/foundation gitu. Tapi formulanya ringan dan langsung meresap dikulit. Dia juga ngeblend di kulit, ga usah khawatir sama shade yang terlalu terang. Gak bikin kulit muka saya berasa menor. So i keep this product in my skin care routine, kandungan spf nya juga lumayan untuk mencegah sinar UV yang nakal dan bisa merusak kulit.
Price : Rp. 38.000,-

6. The body shop Tea Tree Oil

Ini produk terakhir dalam rangkaian skin care routine saya. Yang paling kecil, yang paling mahal, tapi yang paling ampuh! tapi kecil-kecil begini anehnya gak habis-habis di pake di muka. Semua jerawat-jerawat, mau itu yang baru muncul atau yang udah nangkring gede di muka, bakalan langsung ilang kalo di olesin ini. Ini tuh bikin jerawat kita mengering dan akhirnya ilang sendiri. Jadi jerawat-jerawat itu gak akan berbekas di muka dan gak akan ninggalin noda di wajah. Efeknya bisa terasa dalam waktu semalaman. tapi kalo jerawatnya gede dan udah bernanah gitu sih bisa makan waktu 2-3 hari. pokoknya produk ini paaraaah kerennya. Kenapa ga dari dulu yaa saya tau? hiks.. ini dipake dikit-dikit aja di bagian wajah yang berjerawat. Di pake sebelum tidur. Nanti kalian akan merasakan sensasi seperti abis ngolesin minyak kayu putih di wajah. Dingin mint gitu dengan bau kayu putih yang khas banget. Ini bisa kalian beli di counter the body shop. Price : Rp. 119.000,-

7. Darsi : Jamu Borobudur


Nah kalo yang ini diminum dan ngebantuin kulit lebih baik dari dalam tubuh. Kalo kata miss universe yang ngiklan produk vitamin c itu: Healthy inside, fresh outside. Segala macem skin care yang udah di pake ke muka kudu dibantu dari dalem biar progressnya lebih keliatan. Tadinya saya juga gak begitu yakin sama produk ini, padahal udah sering denger sih dari jaman dulu. Saya selalu skeptis, karna tau ini jamu dan gak begitu yakin bisa memberikan dampak yang signifikan. tapi ternyataaa...saya musti lebih open minded soal jamu-jamuan begini. Saya ngerasa semua skin care routine itu mulai berasa efeknya dan bikin muka gak lagi merah dan jerawat juga gak begitu ganas lagi semenjak minum ini. Selain itu saya juga ngerasa badan saya jadi lebih fit dan pencernaan jadi lancar. Mungkin sugesti sih, hehe..tapi ini beneran berasaaa banget efeknya. Tenang aja, ini aman (harusnya sih). Karna ini jamu yang kandungannya herbal semua. Ada dua jenis bentuk jamu ini, ada yang pil dan ada yang kapsul. Saya lebih suka beli yang pil, soalnya isinya lebih banyak jadi bisa tahan agak lama (gak mau rugi). Diminum 2x sehari, sekali minum 5 pil atau 2 kapsul. Kalian bisa beli ini di supermarket, di toko obat atau di toko jamu. Price : Rp. 12.000,-

Oke, jadi itu semua bocoran skin care routine yang bisa saya tuangkan dalam postingan kali ini. Lagi-lagi saya cuma mau bilang, setiap orang itu punya skin yang beda-beda, reaksi di kulit juga akan beda-beda. So, produk yang cocok di saya belum tentu cocok di kalian. Tapi mudah-mudahan ini bisa memberikan kalian sedikit ide tentang apa yang musti dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bebas jerawat. jangan pantang menyerah dan jangan selalu mengharapkan yang instant ya! Inget juga, Beauty isn't about having a pretty face. It's about having a pretty mind, a pretty heart and a pretty soul.

May your day will always be beautiful as you are. Have a great day everyone!












3 comments:

Unknown said...

Kak please jawab dong hada labo itu belinya dimana ?
Btw aku suka banget sama review kakak yg singkat (gasingkat singkat amat ) padat jelas sukses terus kk
Dan semoga makin mulus wajahnya

Felicia Dewi M.H. said...

bantu jawab. kamu bisa dapatein hadalabo nya di guardian/watson/bahkan kayak carrefour dan supermarket lainnya ada kok yang ngejual hadalabo hehehe

Unknown said...

thx kak sgt bermanfaat semoga cocok di saya