Tuesday, December 16, 2014

#7 Book Review : The Maze Runner


Penulis : James Dashner
Penerjemah : Yunita Candra
Penerbit : Mizan Fantasi
Jumlah Halaman : 488
Saya beli di getscoop

RATE
4 / 5

Biasanya saya paling anti nonton film adaptasi buku sebelum baca bukunya dulu (terkecuali the hunger games karna sedikit kurang doyan dengan tema dystopian government nya). Tapi yang satu ini musti saya langgar, lebih tepatnya sih gak tau kalo ini adaptasi dari buku. Taunya pas detik-detik pintu studio XXI mau di buka karna iseng browsing trailer di youtube berniat cari clue film ini tentang apa. 


Rasanya tu yaa.. telat bangeeet. kok bisa ngelewatin bacaan dystopian yang okeh bener model begini. Saya suka deh sama cerita yang satu ini. nonton filmnya sebelum baca bukunya aja berhasil bikin saya ngerasa interesting, langsung kebayang pasti bacaan yang satu ini bakalan lebih amazing daripada tontonannya. selesai nonton TMR, saya pun langsung order buku ini untuk segera di baca.

Baca buku setelah nonton film adaptasinya itu ada asiknya juga loh. imajinasi yang saya bangun bisa lebih 'kena' karna uda tau aktor-aktor yang meranin karakter-karakternya. apalagi waktu itu saya lagi suka aja sama si Dylan O'Brien (yang ngikutin teenwolf pasti tau). Dari awal saya jadi bisa ngebayangin seperti apa sosok seorang Thomas.

Banyak plus/minus antara isi buku sama film. Yang paling mengecewakan, soal karakter MINHO. duh, emang sih aktor yang meranin Minho, Ki Hong Lee itu cucok banget bo'. tapi tu ya, kok di film karakternya si Minho jadi seperti side character yang gak begitu penting? fokus film bener-bener ke Thomas seorang. Padahal aslinya kalo di buku, Minho itu such a badass! jagoan lah di antara yang lain. potensi leader nya juga gede, bahkan seorang Thomas pun bergantung sama sosok Minho yang berani. 

Trus juga kalo di film, kehidupan di dalam maze kurang 'dalem'. yah, kalo ini sih pasti perkara durasi film yang terbatas. Pertemanan antara Thomas dan Chuck jadi berasa biasa-biasa aja. Interaksi Thomas dengan Alby sang leader, dan Newt yang lebih cenderung seperti penasihat jadi kurang greget. daaaan yang paling bikin kecewa dari film adalah menghilangnya kemampuan telepati antara Thomas dan Teresa. Emang sih adegan begituan terkesan cheesy, but hey, ini kan fantasi? kenapa musti di hilangkan sih? jadinya kan yang nonton tapi gak baca bukunya tidak akan pernah paham kenapa Thomas dari awal ngeliat Teresa berasa terhubung oleh sesuatu. jawabannya ya karna telepati itu. hufhh..

Jadi kesimpulannya adalah, untuk film saya masukkan dalam kategori Not Bad. Bagaimanapun juga, awal nonton film lah yang membawa saya tertarik untuk membaca karya-karyanya om James Dashner. Lanjut baca buku nya? iyes banget! The Scorch Trial dan The Death Cure sudah nangkring di rak buku saya. Buat yang minat sama cerita ini trus bingung mau baca buku atau nonton film nya dulu? saya lebih rekomendasiin baca buku nya sih. but, i have a bias and think book's story are best than movie. hahaa.. Tapi apapun pilihan kalian, just enjoy it... 




0 comments: