Thursday, October 30, 2014

#6 Book Review : The Chronicles of Audy : 4R



Penulis : Orizuka
Penerbit : Haru
Jumlah Halaman : 320
Saya beli di toko buku gramedia
RATE
4,5 / 5


Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.
Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!
Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.
Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu! (cuplikan review from goodreads)



Tiga hal yang saya suka dari novel ini :

1. Novel Indonesia! tokoh, setting, cara bicara, lingkungan, semua khas indonesia. gak ada tuh sok-sok korea atau inggris kayak yang lain-lain. Bukannya anti baca karya-karya tsb, cuma bosen aja sih rasanya. udah lama gak ngerasa semriwing dengan romance khas Indonesia.

2. Sosok Audy yang merantau, hidup pas-pasan, kuliah dan ngekost di jogja. Kayaknya ini kisah yang sering banget kita dengar dan rasakan waktu jaman kuliah dulu. walaupun saya uda kapan taun gitu lulus kuliah, ngebaca suka duka audy ngumpulin semangat dan mood utk bikin skripsi tuh ngingetin saya dulu. perasaan nge-blank dan ga tau mau nulis skripsi ttg apa, itu saya banget. 

3. Cerita yang diangkat juga gak materialistis. tadinya pas baca review, saya mikir pasti deh si 4R ini keluarga yang kaya raya, ganteng-ganteng, pinter, keluarga yang memiliki pengaruh besar di Indonesia (mulai deh berasa sinetron). tapi ternyata enggak. ini yang bikin cerita novel ini terasa makin down to earth. walaupun rasanya susah super langka nemu 4 saudara yang super charming kayak begitu di dunia nyata. :)

Buku ini berhasil bikin saya begadang sampe jam 2 pagi karna ga mau brenti baca sampe halaman terakhir dalam satu malam. *ngantuk parah jadinya* zzzz...

Awalnya saya agak sedikit skeptis sama novel ini, mikirnya ini pasti teenlit. agak males kadang kalo baca teenlit, mungkin karna uda gak sesuai sama umur lagi, jd suka gak dapet aja feelnya. tapi karena saya sudah bbrp kali baca karya orizuka, saya berusaha yakin kalo karya ini pasti punya cerita yang menarik. yang udah-udah sih, saya gak pernah kecewa sama karya orizuka.

Tapi yang ini bener deh, BAGUUS BANGEEET.. saya suka sama 4R, saya suka sama Audy. 

Salute buat orizuka, karya-karyanya semakin berkembang. emang patut dikasi ancungan jempol sebagai salah satu penulis terbaik di indonesia. ooh, buku ini series..so, dari sekarang kayaknya saya bakal kebat-kebit nih ga sabaran nungguin lanjutannya. 

you never know when good story is coming, and this one, it's absolutely a good one! you should read it. :)


0 comments: